KECAP


.
.
Konon katanya nenek moyangku berasal dari daratan Cina. Tapi di nisan-nisan kubur di mana setiap tahun baru Cina aku sembahyang ada nama Mak Co, Kong Co. Mak Co Co, Kong Co Co di sana. Mereka adalah Mbah Buyut dan Mbah Canggah. Berarti sudah ada kira-kira 6 generasi kami tinggal di sini. Lalu, masihkan kami ini disebut Cina? Bolehkah disebut Indonesia saja? Biar tak sulit mempraktikkan toleransi.
.
.
Aah, toleransi selalu saja jadi topik sensitif. Mari kita bikin ringan saja. Bicara tentang masakan. Pagi ini aku membuktikan bahwa ada darah Cina mengalir di tubuhku. Aku masak Cah brokoli jamur saus tira mseperti yang bisa dipesan di restoran-restoran chinese food. Tahukah kamu? Rahasia masakan cina itu ada pada kecap! Berbagai macam paduan kecap (yang tentu sedikit banyak mengandung micin) membuat nasi tak bisa berhenti diciduk dan diet jadi porak poranda.
.
.
Untuk masakan ini, aku pakai tiga macam "kecap". Kecap ikan, kecap manis, dan saus tiram. Ditambah gula, garam, merica, hmmm.. masakan ini.sudah jadi sangat lezat.
.
.
Hei! Ada kecap manis di situ. Bukankah masakan dari daerah lain juga banyak menggunakannya. Sebut saja tempe bacem dan semur, belum.lagi sate yang asalnya bisa dari Asia sampai Mesir.
.
.
Kalau orang bisa berbagi kecap manis untuk memasak, aku kira orang juga bisa berbagi kasih untuk hidup bersama 😍


Selamat makan! :)  


Potone Yulia Loekito.Potone Yulia Loekito.

Comments

Popular posts from this blog

Kasih Tuhan di km 63

Telinga

Lintang