Tentang Ranking

Suatu saat berpikir keras tentang ranking

Saya melontarkan pertanyaan ini di jejaring sosial Facebook:

Teman-teman, boleh minta pendapat?
Apa saja sisi positif dan negatif pemberian peringkat atau ranking di sekolah. Baik untuk siswa, guru, maupun orang tua murid.
Saya tunggu yaaaa..
Makasih banyak
#obrolanringan gaya ibu-ibu

Tak disangkan, banyak responnya:

Fatimah Aqila Kalo saya lbh pada khawatir, anak atau ortu menjadi ranking minded, belajar ngejer nilai, yg ujungnya ngejer juwara. Saya lbh menghargai proses belajar anak, proses mencintai ilmu dan proses perjuangan orang tua memperjuangkan semangat belajar anak. Kenalkan konsep tiap mapel atau tema, apa sih contoh konkritnya dalam kehidupan. Saya org tua ga pernah memikirkan rangking. Tapi kalolah harus ada ranking, sebaiknya semua anak rangking 1 aja sesuai kompentensinya masing masing.
pan passion anak beda beda...


Valensia Ng Sasa Sasa  ini yg paling sering terjadi. Sedikit banyak kl anak kita ranking belakang, jujur pasti ada rasa khawatir. Menurutku ranking sama sekali ga ada positifnya. Karena kl pun kompetisi, kompetisi itu hanya pada nilai angka. Sehingga pendidikan bisa kehilangan esensinya.


Fatimah Aqila Yulia Loekito bisa jadi, tapi dr kecil saya sounding anak saya ttg ranking..
Alhamdulillah di TK terakhirnya (TK awalnya pake ranking cuuy) dan saat SD di bdg, no ranking at all. girang saiyyah. anak juga santai, belajar dan belajar aja.. ga usah mikir apa krn selalu saya katakan.. kewajiban kita tu belajar,  bukan menjadi ranking. sayangnya di tempat baru kami ,Sekolahnya menerapkan sistem ranking. anak baru pindah yg kmd 2tahun berturut2 dg juara umum dan hapalan terbanyak, saya dan suami menyikapi ini sebijaksana mungkin.
terus mensounding bhkan ranking 1 bukanlah tujuan dari belajar..

  

Cacilia Joel Positifnya bisa untuk motivasi dan apresiasi sehingga muncul kompetisi yang sehat, negatifnya bisa jadi saling membandingkan dan muncul kompetisi yang tidak sehat

Cacilia Joel Yulia Loekito lagipula lebih banyak yang terjebak pada negatifnya daripada mengambil positifnya. Artinya bukan sama sekali nggak ada positifnya tapi memang cenderung banyak negatifnya menurutku jadi tidak perlulah pakai ranking2 segala. Setiap anak punya potensi yang berbeda yang tidak bisa dibikin jenjang prestasi secara keseluruhan tanpa melihat satu persatu keunikannya

Dionisia Dwi Sari Kl aq gak terlalu penting antara positif atau negatif je bu,,bagiqu ada rangking atau gak ada,ranking sedikit atau byk gak mjd prioritas,,bkn rangking brp nya yg penting,tp lbh pd kwalitas cara mendidik anak seimbang itu sdh lbh dr sekedar rangking,,bgtu nek aq lho miss,,😂😂

Yulia Loekito Dionisia Dwi Sari nah, gimana cara menjelaskan ke anaknya bu dwi, semisal ada gitu misalnya?

Dionisia Dwi Sari Yulia Loekito ya kl pengalamanqu sm anakqu intinya tak jelasin rangking bukan yg terpenting kak,dek,,tp mama,ayah lbh menghargai kerja kerasmu dlm belajar itu yg jauh lbh penting buat kalian,,jadi kl dpt ranking 1 atau 30 itu gak penting,,asal tetep s
Yulia Loekito tapi isih ana ranking pancen ya bu? terus embun n lintang bisa menerima yaaa?

Dionisia Dwi Sari Yulia Loekito Ho oh bu,,msh,,itu kan mmg kebijakan dinas/sekolah dan qta ya gak bs buat apa2 kl sdh mjd aturan ada rangking bgtu bu,,maka dri itu qta yg jdi ortu yg mengantisupasi dan menerangkan pd anak qta tentang esensi yg jauh lbh penting dri sekedar rangking,,dan pengalamanqu embun lintang bs menerima dan gak ngaruh klpun mrk juara atau gak igh bu,,tetep konsisten aja belajarnya,,

Lusia Dayu Urun opini.

Rangking buat saya tidak penting. Malah bisa jadi demotivasi anak.

Yang penting buat saya anak bisa mengikuti proses belajar, hasil ujian / raport hanya SALAH SATU parameter hasil dari proses belajar itu. Ada beberapa penilaian sekolah dimana hasil raport murni hasil tes. Penilaian anak berhasil / tidak dalam proses belajar sebaiknya tidak hanya dari satu waktu saat tes saja, karena mungkin saja pada saat tes itu anak sedang dalam kondisi tidak fit (bisa karena faktor psikis / fisik.
Semoga sistem pendidikan di Indonesia segera membaik. Bener2 berharap adanya perubahan sistem pendidikan yang pas untuk anak anak kita 💗


Caterina Elisa Febriana Menurut saya lebih penting proses anak dalam belajar mam, kalau rangking tidak terlalu penting, dan terkadang rangking bisa membuat anak "jumawa" bila rangking nya bagus, atau malah "minder" ketika rangking nya jelek.. Jadi saya lebih menghargai proses belajar anak..


Yulia Loekito Caterina Elisa Febriana makasih pendapatnyaaa Bu, saya juga sependapat sih dengan berbagai alasan..



Yustina Wahyuningsih Kalau diingat mundur, perasaan waktu kita masih jd bocah ABG ababil: enaknya ada rangking itu seru!! Jd macam lomba.
Gak enaknya kalau dapat ranking bontot kena marah ortu terus gak abis2..😀😁
Kalau saya setuju gak ada rangking, yg penting proses belajar nya.


Yustina Wahyuningsih Sekolah2 dipelosok sampit kalteng dah gak pake, walau masih ada yg pake kurikulum 2006 tp gak pake rangking.
Manage

Valensia Ng Wah Yo apik. Kuwi malah pelosok malah lebih cepat berubah.



Yustina Wahyuningsih Pas itu ada ortu protes kok gak ada ranking,kata gurunya takut dimarahin dinas.. berarti tergantung dinasnya tho..

Valensia Ng Ya tergantung dinas daerah berarti. Tegas apa ga. Dinas jelas udah bikin aturan tapi ada yg bandel juga. Atau ada yg ga tegas. Atau bs jadi jawab gt biar ga dipertanyakan lagi. Tapi apapun itu yg jelas baguslah kl sdh ga pakai sistem ranking



Anastasia Agita tidak bisa dipungkiri, saat zaman saya sekolah, peringkat itu penting krn bisa memacu motivasi diri, menjadi bagian dari aktualisasi diri juga sih. dan yg lbh penting, banyak apresiasi dan beasiswa bagi siswa berprestasi (salah satunya ditunjukkan dgn peringkat kelas). Padahal kemampuan siswa kan tdk bisa disamaratakan. peringkat juga tidak selalu menunjukkan kesuksesan diri kita di masa depan. banyak teman yg dulu peringkatnya di bawah tp skrg sukses dengan pekerjaan masing2, bisa berkembang sesuai minatnya. Untuk guru, apa yg positif ya, mungkin bisa sbg gambaran saja bagaimana kemampuan akademis anak didik, negatifnya suka ada cap "bodoh" atau tertinggal dari anak lain, lalu menganakemaskan siswa peringkat tinggi. untuk ortu, peringkat itu ya ga terlalu diperhatikan sih, lama2 kan jg sudah dihapus. tapi saya pikir dulu negatifnya kalo anak dpt peringkat bawah, ortunya malu, menghukum anak, ngelesin macem2. positifnya bisa membantu mendampingi kesulitan anak2. kira2 gitu mbak😅


Anastasia Agita Yulia Loekito menurut saya skrg sih ga usah pake peringkat, wong jg tdk bisa menggambarkan kualitas yg sebenarnya. dan krn pemahaman sy lbh kepada kecerdasan majemuk, jadi peringkat tdk diperlukan. lbh pilih pemetaaan potensi dan pengembangan sesuai minat anak saja. katanya kolaborasi lbh baik dripada kompetisi kan😁


Linna Setiawati Setau saya sistem kurikulum K13 sudah tidak mencantumkan rangking di rapor. Tapi guru biasanya punya peringkatnya. Kalau saya pribadi setuju tidak ada rangking. Tp memang saya punya standar ganda untuk dua anak saya. Anak yang besar bisa dipacu dengan rangking, jadi dengan tau rangkingnya di kelas, dia lebih semangat belajarnya. Jadi dia bisa terus berusaha semaksimal yg dia bisa. Rangking hanya sekedar tau gmn posisinya di kelas, saya ga pernah paksa dia ngalahin temen2 yang diatasnya.
Kalau adiknya, memang model cuek, jadi bagi saya rangking ga ada masalah, selama ga terancam naik kelas aja.
 

Comments

Popular posts from this blog

Kasih Tuhan di km 63

Telinga

Lintang