Tentang Ranking
Suatu saat berpikir keras tentang ranking
Saya melontarkan pertanyaan ini di jejaring sosial Facebook:
Teman-teman, boleh minta pendapat?
Apa saja sisi positif dan negatif pemberian peringkat atau ranking di sekolah. Baik untuk siswa, guru, maupun orang tua murid.
Saya tunggu yaaaa..
Saya melontarkan pertanyaan ini di jejaring sosial Facebook:
Teman-teman, boleh minta pendapat?
Apa saja sisi positif dan negatif pemberian peringkat atau ranking di sekolah. Baik untuk siswa, guru, maupun orang tua murid.
Saya tunggu yaaaa..
Makasih banyak
#obrolanringan gaya ibu-ibu
Tak disangkan, banyak responnya:
Fatimah Aqila Kalo saya lbh pada khawatir, anak atau ortu menjadi ranking minded, belajar ngejer nilai, yg ujungnya ngejer juwara. Saya lbh menghargai proses belajar anak, proses mencintai ilmu dan proses perjuangan orang tua memperjuangkan semangat belajar anak. Kenalkan konsep tiap mapel atau tema, apa sih contoh konkritnya dalam kehidupan. Saya org tua ga pernah memikirkan rangking. Tapi kalolah harus ada ranking, sebaiknya semua anak rangking 1 aja sesuai kompentensinya masing masing.
pan passion anak beda beda...
Cacilia Joel Yulia Loekito
lagipula lebih banyak yang terjebak pada negatifnya daripada mengambil
positifnya. Artinya bukan sama sekali nggak ada positifnya tapi memang
cenderung banyak negatifnya menurutku jadi tidak perlulah pakai ranking2
segala. Setiap anak punya potensi yang berbeda yang tidak bisa dibikin
jenjang prestasi secara keseluruhan tanpa melihat satu persatu
keunikannya
Manage
#obrolanringan gaya ibu-ibu
Tak disangkan, banyak responnya:
Fatimah Aqila Kalo saya lbh pada khawatir, anak atau ortu menjadi ranking minded, belajar ngejer nilai, yg ujungnya ngejer juwara. Saya lbh menghargai proses belajar anak, proses mencintai ilmu dan proses perjuangan orang tua memperjuangkan semangat belajar anak. Kenalkan konsep tiap mapel atau tema, apa sih contoh konkritnya dalam kehidupan. Saya org tua ga pernah memikirkan rangking. Tapi kalolah harus ada ranking, sebaiknya semua anak rangking 1 aja sesuai kompentensinya masing masing.
pan passion anak beda beda...
Valensia Ng Sasa Sasa ini yg paling sering terjadi. Sedikit banyak kl anak kita ranking
belakang, jujur pasti ada rasa khawatir. Menurutku ranking sama sekali
ga ada positifnya. Karena kl pun kompetisi, kompetisi itu hanya pada
nilai angka. Sehingga pendidikan bisa kehilangan esensinya.
Fatimah Aqila Yulia Loekito bisa jadi, tapi dr kecil saya sounding anak saya ttg ranking..
Alhamdulillah di TK terakhirnya (TK awalnya pake ranking cuuy) dan saat SD di bdg, no ranking at all. girang saiyyah. anak juga santai, belajar dan belajar aja.. ga usah mikir apa krn selalu saya katakan.. kewajiban kita tu belajar, bukan menjadi ranking. sayangnya di tempat baru kami ,Sekolahnya menerapkan sistem ranking. anak baru pindah yg kmd 2tahun berturut2 dg juara umum dan hapalan terbanyak, saya dan suami menyikapi ini sebijaksana mungkin.
terus mensounding bhkan ranking 1 bukanlah tujuan dari belajar..
Alhamdulillah di TK terakhirnya (TK awalnya pake ranking cuuy) dan saat SD di bdg, no ranking at all. girang saiyyah. anak juga santai, belajar dan belajar aja.. ga usah mikir apa krn selalu saya katakan.. kewajiban kita tu belajar, bukan menjadi ranking. sayangnya di tempat baru kami ,Sekolahnya menerapkan sistem ranking. anak baru pindah yg kmd 2tahun berturut2 dg juara umum dan hapalan terbanyak, saya dan suami menyikapi ini sebijaksana mungkin.
terus mensounding bhkan ranking 1 bukanlah tujuan dari belajar..
Cacilia Joel Positifnya
bisa untuk motivasi dan apresiasi sehingga muncul kompetisi yang sehat,
negatifnya bisa jadi saling membandingkan dan muncul kompetisi yang
tidak sehat
Dionisia Dwi Sari Kl
aq gak terlalu penting antara positif atau negatif je bu,,bagiqu ada
rangking atau gak ada,ranking sedikit atau byk gak mjd prioritas,,bkn
rangking brp nya yg penting,tp lbh pd kwalitas cara mendidik anak
seimbang itu sdh lbh dr sekedar rangking,,bgtu nek aq lho miss,,😂😂
Yulia Loekito Dionisia Dwi Sari nah, gimana cara menjelaskan ke anaknya bu dwi, semisal ada gitu misalnya?
Dionisia Dwi Sari Yulia Loekito
ya kl pengalamanqu sm anakqu intinya tak jelasin rangking bukan yg
terpenting kak,dek,,tp mama,ayah lbh menghargai kerja kerasmu dlm
belajar itu yg jauh lbh penting buat kalian,,jadi kl dpt ranking 1 atau
30 itu gak penting,,asal tetep s…
Yulia Loekito tapi isih ana ranking pancen ya bu? terus embun n lintang bisa menerima yaaa?
Dionisia Dwi Sari Yulia Loekito
Ho oh bu,,msh,,itu kan mmg kebijakan dinas/sekolah dan qta ya gak bs
buat apa2 kl sdh mjd aturan ada rangking bgtu bu,,maka dri itu qta yg
jdi ortu yg mengantisupasi dan menerangkan pd anak qta tentang esensi yg
jauh lbh penting dri sekedar rangking,,dan pengalamanqu embun lintang
bs menerima dan gak ngaruh klpun mrk juara atau gak igh bu,,tetep
konsisten aja belajarnya,,
Lusia Dayu Urun opini.
Rangking buat saya tidak penting. Malah bisa jadi demotivasi anak.
Yang penting buat saya anak bisa mengikuti proses belajar, hasil ujian / raport hanya SALAH SATU parameter hasil dari proses belajar itu. Ada beberapa penilaian sekolah dimana hasil raport murni hasil tes. Penilaian anak berhasil / tidak dalam proses belajar sebaiknya tidak hanya dari satu waktu saat tes saja, karena mungkin saja pada saat tes itu anak sedang dalam kondisi tidak fit (bisa karena faktor psikis / fisik.
Semoga sistem pendidikan di Indonesia segera membaik. Bener2 berharap adanya perubahan sistem pendidikan yang pas untuk anak anak kita 💗
Rangking buat saya tidak penting. Malah bisa jadi demotivasi anak.
Yang penting buat saya anak bisa mengikuti proses belajar, hasil ujian / raport hanya SALAH SATU parameter hasil dari proses belajar itu. Ada beberapa penilaian sekolah dimana hasil raport murni hasil tes. Penilaian anak berhasil / tidak dalam proses belajar sebaiknya tidak hanya dari satu waktu saat tes saja, karena mungkin saja pada saat tes itu anak sedang dalam kondisi tidak fit (bisa karena faktor psikis / fisik.
Semoga sistem pendidikan di Indonesia segera membaik. Bener2 berharap adanya perubahan sistem pendidikan yang pas untuk anak anak kita 💗
Caterina Elisa Febriana Menurut
saya lebih penting proses anak dalam belajar mam, kalau rangking tidak
terlalu penting, dan terkadang rangking bisa membuat anak "jumawa" bila
rangking nya bagus, atau malah "minder" ketika rangking nya jelek.. Jadi
saya lebih menghargai proses belajar anak..
Yulia Loekito Caterina Elisa Febriana makasih pendapatnyaaa Bu, saya juga sependapat sih dengan berbagai alasan..
Yustina Wahyuningsih Kalau diingat mundur, perasaan waktu kita masih jd bocah ABG ababil: enaknya ada rangking itu seru!! Jd macam lomba.
Gak enaknya kalau dapat ranking bontot kena marah ortu terus gak abis2..😀😁
Kalau saya setuju gak ada rangking, yg penting proses belajar nya.
Gak enaknya kalau dapat ranking bontot kena marah ortu terus gak abis2..😀😁
Kalau saya setuju gak ada rangking, yg penting proses belajar nya.
Yustina Wahyuningsih Sekolah2 dipelosok sampit kalteng dah gak pake, walau masih ada yg pake kurikulum 2006 tp gak pake rangking.
Valensia Ng Wah Yo apik. Kuwi malah pelosok malah lebih cepat berubah.
Yustina Wahyuningsih Pas itu ada ortu protes kok gak ada ranking,kata gurunya takut dimarahin dinas.. berarti tergantung dinasnya tho..
Valensia Ng Ya
tergantung dinas daerah berarti. Tegas apa ga. Dinas jelas udah bikin
aturan tapi ada yg bandel juga. Atau ada yg ga tegas. Atau bs jadi jawab
gt biar ga dipertanyakan lagi. Tapi apapun itu yg jelas baguslah kl sdh
ga pakai sistem ranking
Anastasia Agita tidak
bisa dipungkiri, saat zaman saya sekolah, peringkat itu penting krn
bisa memacu motivasi diri, menjadi bagian dari aktualisasi diri juga
sih. dan yg lbh penting, banyak apresiasi dan beasiswa bagi siswa
berprestasi (salah satunya ditunjukkan dgn peringkat
kelas). Padahal kemampuan siswa kan tdk bisa disamaratakan. peringkat
juga tidak selalu menunjukkan kesuksesan diri kita di masa depan. banyak
teman yg dulu peringkatnya di bawah tp skrg sukses dengan pekerjaan
masing2, bisa berkembang sesuai minatnya. Untuk guru, apa yg positif ya,
mungkin bisa sbg gambaran saja bagaimana kemampuan akademis anak
didik, negatifnya suka ada cap "bodoh" atau tertinggal dari anak lain,
lalu menganakemaskan siswa peringkat tinggi. untuk ortu, peringkat itu
ya ga terlalu diperhatikan sih, lama2 kan jg sudah dihapus. tapi saya
pikir dulu negatifnya kalo anak dpt peringkat bawah, ortunya malu,
menghukum anak, ngelesin macem2. positifnya bisa membantu mendampingi
kesulitan anak2. kira2 gitu mbak😅
Anastasia Agita Yulia Loekito
menurut saya skrg sih ga usah pake peringkat, wong jg tdk bisa
menggambarkan kualitas yg sebenarnya. dan krn pemahaman sy lbh kepada
kecerdasan majemuk, jadi peringkat tdk diperlukan. lbh pilih pemetaaan
potensi dan pengembangan sesuai minat anak saja. katanya kolaborasi lbh
baik dripada kompetisi kan😁
Linna Setiawati Setau
saya sistem kurikulum K13 sudah tidak mencantumkan rangking di rapor.
Tapi guru biasanya punya peringkatnya. Kalau saya pribadi setuju tidak
ada rangking. Tp memang saya punya standar ganda untuk dua anak saya.
Anak yang besar bisa dipacu dengan rangking,
jadi dengan tau rangkingnya di kelas, dia lebih semangat belajarnya.
Jadi dia bisa terus berusaha semaksimal yg dia bisa. Rangking hanya
sekedar tau gmn posisinya di kelas, saya ga pernah paksa dia ngalahin
temen2 yang diatasnya.
Kalau adiknya, memang model cuek, jadi bagi saya rangking ga ada masalah, selama ga terancam naik kelas aja.
Kalau adiknya, memang model cuek, jadi bagi saya rangking ga ada masalah, selama ga terancam naik kelas aja.
Comments
Post a Comment